Modul Ajar TaRL Mapel Pendidikan Pancasila Kelas IV Semester 2 pada Topik Aturan dan Norma

 

MODUL AJAR PENDIDIKAN PANCASILA

SDN 42 KOTA BENGKULU

KELAS : 4 A



“HAK, KEWAJIBAN, DAN ATURAN”

SUBTOPIK : ATURAN DAN NORMA

 


INFORMASI UMUM                    

A.    Identitas Modul

Nama Penyusun

:

Sri Meliana R., S.Pd.

Nama Sekolah

:

SDN 42 Kota Bengkulu

Jenjang Sekolah

:

SD/Fase B

Mata Pelajaran

:

Pendidikan Pancasila

Kelas/Semester

:

IV/II

Alokasi Waktu

:

2 JP x 35 menit (1 x pertemuan)

Topik

:

Aturan dan Norma

B.     Kemampuan Awal

          1.          Peserta didik dapat mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya. 

          2.          Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya. 

C.     Profil Pelajar Pancasila

·          Gotong Royong

·          Bernalar Kritis

D.    Sarana dan Prasarana

·         Laptop

·         LCD dan proyektor.

·         Lembar Kerja Peserta Didik

·         HP

·         Ruang kelas  

·         Video Pembelajaran

·         Alat tulis

·         Jaringan Internet (Kuota Internet)

E.     Target Peserta Didik

     27 Orang Peserta didik regular kelas IV A

F.      Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran

Pendekatan Pembelajaran : Teaching at The Right Level (TaRL)

Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan penugasan.

Model Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)

 


 

KOMPONEN INTI

A.            Tujuan Kegiatan Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Fase B :

Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan di sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. Peserta didik melaksanaakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

 

Tujuan Pembelajaran :

             1.      Peserta didik dapat menjelaskan makna aturan dan norma melalui kegiatan mengamati video dengan tepat. (C3)

             2.      Peserta didik dapat menganalisis macam-macam aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar melalui kegiatan mengamati gambar dengan tepat.(C4)

 

B.            Pemahaman Bermakna

Melalui kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, diharapkan peserta didik dapat memahami aturan dan norma yang berlaku di lingkungan keluarga, sekolah, dan tempat tinggal, selain itu peserta didik juga bisa menerapkan dan mematuhi aturan dan norma yang berlaku dalam kehidupan sehar-hari.

 

C.            Pertanyaan Pemantik

             1.      Apakah kesepakatan di kelas kita termasuk suatu aturan?

             2.      Apa saja aturan yang ada di kelas kita?

             3.      Apa saja hak dan kewajiban yang ada di kelas kita?

             4.      Apa akibatnya jika kita melanggar aturan?

D.            Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Sintak Model PBL

Deskripsi Kegiatan

Durasi

Pendahuluan

 

1.      Peserta didik bersama guru saling memberi dan menjawab salam serta menyampaikan kabarnya masing-masing. (Religius, Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia)

2.      Ketua kelas diminta untuk memimpin doa. (Sikap Spritual)

3.      Peserta didik membaca ayat pendek Al-Qur’an surat al kausar

4.      Peserta didik bersama guru mengecek kehadiran dengan melakukan presensi.

5.      Guru mengarahkan peserta didik   menyiapkan diri untuk belajar ,memeriksa kerapihan diri, kebersihan diri peserta didik dan lingkugan sekitar, dan bersikap disiplin  sesuai kesepekatan kelas dalam kegiatan pembelajaran (Kerapihan, kebersihan, disiplin positif)

6.      Apersepsi

Guru melakukan tanya jawab dengan peserta didik untuk mengingat        kembali materi makna hak, kewajiban, dan aturan (Bernalar kritis).

7.      Peserta diberikan asesmen diagnostik untuk mengetahui kemampuan awal dan kesiapan belajarnya.

8.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang semua kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan Pembelajaran serta memberikan motivasi dengan mengingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin.

9.      Guru Memberikan Pertanyaan pemantik untuk memancing  pengetahuan peserta didik

10.  Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari hari ini yaitu mengenai hak, kewajiban dan aturan.

11.  Guru mengajak peserta didik mengadakan ice breaking ( tepuk anak soleh)

10 menit

Inti

Fase 1: Orientasi peserta didik kepada masalah

1)       Peserta didik diarahkan untuk mengamati gambar ilustrasi mengenai aturan dan  kewajiban

2)       Guru bertanya kepada peserta didik ’’Apakah gambar tersebut termasuk mematuhi/melanggar aturan?’’. (Comunication)

3)       Peserta didik diarahkan untuk mengamati video pembelajaran tentang Norma dan aturan (https://www.youtube.com/watch?v=ooswPeoKfNA  )

4)       Guru bertanya “menurut anak-anak apakah kesepakatan kelas kita termasuk sebuah norma dan aturan?”.(Comunication dan Critical Thinking)

50 menit

Fase 2: Mengorganisasikan peserta didik

5)       Guru membimbing  peserta didik untuk membuat kelompok yang beranggotakan 5-6 orang berdasarkan kemampuan kognitif untuk mendiskusikan tugas kelompok.

6)       Guru membagikan LKPD pada setiap kelompok.

LKPD jenis A : peserta didik dengan kemampuan tinggi (sangat mahir)

LKPD jenis B : Peserta didik dengan kemampuan menengah (mahir)

LKPD jenis C : Peserta didik kemampuan rendah (belum mahir/memerlukan bimbingan)

Kegiatan

Sintak

Model PBL

Deskripsi Kegiatan

Durasi

 

 

8) peserta didik dapat mengajukan

pertanyaan jika ada yang kurang dipahami.

 

Fase 3: Membimbing penyelidikan

9)      Peserta didik bersama kelompoknya mendiskusikan permasalahan yang diberikan guru (PPK: Gotong Royong)

10)   Peserta didik dibimbing oleh guru dalam menyelesaikan permasalahan. Guru membimbing/menjelaskan setiap kelompok sesuai dengan kebutuhannya (kelompok yang kurang tinggi kemampuannya akan diberikan bantuan belajar lebih banyak dibandingkan kelompok yang kemampuannya tinggi).

11)   Peserta didik bersama kelompoknya berkolaborasi untuk menemukan solusi dari permasalahan secara bersama-sama (Collaboration)

12)   Peserta didik bersama kelompoknya untuk menyiapkan jawaban yang sudah didapatkan ke dalam LKPD yang sudah disediakan

 

Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil

13)   Peserta didik menggambar/menuliskan jawaban yang didiskusikan bersama kelompoknya, sebagai bentuk pemecahan masalah dalam contoh aturan dan norma (Critical Thingking dan HOTS)

14)   Guru meminta peserta didik menyiapkan laporan hasil diskusi kelompok secara rapi

15)   Guru berkeliling mencermati Peserta didik bekerja menyusun laporan hasil diskusi, dan memberi   bantuan bila diperlukan.

16)   Hasil diskusi dituliskan pada LKPD berbasis PBL yang diberikan guru

17)   Guru meminta peserta didik melakukan ice breaking (tepuk focus dan tepuk kosentrasi) untuk memfokuskan kembali peserta didik.

18)   Guru meminta  peserta  didik menentukan perwakilan kelompok  untuk                    menyajikan  laporan di depan kelas

19)   Guru memilih perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil pengisian LKPD.  (communication and collaboration)

 

 

Kegiatan

Sintak

Model PBL

Deskripsi Kegiatan

Durasi

 

Fase 5: Menganalisis dan mengevaluasi proses

20)   Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap kelompok yang telah mempresentasikan hasilnya di depan kelas

21)   Guru mengarahkan semua peserta didik pada kesimpulan mengenai materi yang dipelajarinya

22)   Peserta didik juga mengerjakan soal latihan yang terdapat dalam LKPD berbasis PBL secara individu (critical thinking)

 

Penutup

 

1.      Peserta didik bersama guru merefleksikan hasil aturan dan norma  (Integritas).

2.      Guru memberikan soal evaluasi pengetahuan sebagai bentuk pengukuran kemampuan peserta didik terhadap materi.

Soal Tipe A : peserta didik dengan kemampuan tinggi (sangat mahir)

Soal  Tipe B : Peserta didik dengan kemampuan menengah (mahir)

Soal  Tipe C : Peserta didik kemampuan rendah (belum mahir/memerlukan bimbingan)

3.      Peserta didik mengumpulkan soal evaluasi yang diberikan guru dengan tepat waktu sesuai kesepakatan   bersama.

4.      Guru menginformasikan materi selanjutnya dan mengakhiri pembelajaran dengan salam penutup

10 menit

E.    Asesmen (Penilaian)

Jenis Asesmen

Bentuk Asesmen

Asesmen Diagnostik

Non-kognitif

Quisioner

Asesmen formatif

Penilaian sikap

Observasi

Penilaian pengetahuan

Tes tertulis

Penilaian keterampilan

Rubrik penilaian kerja kelompok

 

REFLEKSI

Peserta didik

1.      Bagaimana perasaan kalian dengan pembelajaran kali ini?

2.      Bagian mana dari materi yang kalian rasa paling sulit?

3.      Apa yang kalian lakukan untuk dapat lebih memahami materi ini?

4.      Kepada siapa kalian akan meminta bantuan untuk memahami materi ini?

5.      Jika kalian diminta memberikan bintang dari 1 sampai 5, berapa bintang yang akan kalian berikan pada             usaha yang kalian lakukan untuk memahami materi ini?

Guru

1.      Apakah 100 % peserta didik mencapai tujuan pembelajaran? Jika tidak, berapa persen kira-kira peserta didik yang mencapai pembelajaran?

2.      Apa kesulitan yang dialami peserta didik sehingga tidak mencapai tujuan pembelajaran? Apa yang akan anda lakukan    untuk    membantu    peserta

didik?

3.      Apakah terdapat peserta didik yang tidak fokus? Bagaimana cara guru agar mereka bisa fokus pada kegiatan berikutnya?

LAMPIRAN

1.      Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

2.      Asesmen beserta instrumen

3.      Media Pembelajaran

PENGAYAAN DAN REMEDIAL

1.      Remidial

Remidial diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau mengulang pembelajaran kepada peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran. Adapun bentuk kegiatan pembelajaran remedial antara lain pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok, dan pemanfaatan tutor sebaya. Guru membimbing peserta didik dengan menjelaskan materi yang belum dipahami peserta didik kemudian peserta didik mengerjakan soal evaluasi berupa:

Menyebutkan contoh aturan yang ada di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar (masing-masing 1 contoh)

2.      Pengayaan

Pengayaan dilakukan apabila peserta didik memiliki nilai di atas rata-rata. Guru akan memberikan pengayaan pada peserta didik sesuai dengan hasil analisis penilaian yang dilakukan. Peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk pendalaman materi selanjutnya, materi tersebut berisi tentang:

Menceritakan kegiatan yang merupakan contoh aturan di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar yang pernah dilakukan.

BAHAN BACAAN PENDIDIK

Buku  Guru : Pendidikan Pancasila kelas IV SD Jakarta: Kementerian Pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan pusat perbukuan, 2021; Kurniawan D,dkk.

BAHAN BACAAN PESERTA DIDIK

Buku  Siswa  : Pendidikan Pancasila kelas IV SD Jakarta: Kementerian Pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan pusat perbukuan, 2021; Kurniawan D,dkk.

DAFTAR PUSTAKA

Lubis, Yusnawan dan Dwi Nanta Priharto. 2021. Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD Kelas IV. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat.

 

Lubis, Yusnawan dan Dwi Nanta Priharto. 2021. Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SD Kelas IV. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat.

GLOSARIUM

Istilah

Definisi

Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan bangsa Indonesia, bahwa dalam semua perbedaan yang tampak terdapat kesamaan-kesamaan yang menyatukan.

Capaian Pembelajaran

kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman belajar peserta didik.

Gotong Royong

Kerja bersama untuk kepentingan bersama atau sebagai bentuk tolong menolong yang dilakukan secara sukarela.

Hak

Segala sesuatu yang telah dimiliki manusia.

Identitas

Ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang yang terbentuk dari pengahayatan nilai-nilai kebiasaan dan budayanya.

Norma

Aturan yang mengikat warga suatu kelompok masyarakat.

Warga Negara

Seseorang yang menurut undang-undang menjadi anggota resmi dari sebuah negara.

 


 

Lampiran 1 Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

LKPD jenis A : peserta didik dengan kemampuan tinggi (sangat mahir)

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Jenis A

Satuan pendidikan      : Sekolah Dasar

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila

Kelas/Fase                   : IV/B

BAB                            : Hak, Kewajiban, dan Aturan

Topik                           : Aturan dan Norma

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menjelaskan makna aturan dan norma melalui kegiatan mengamati video dengan tepat. (C3)

2.      Peserta didik dapat menganalisis macam-macam aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar melalui kegiatan mengamati gambar dengan tepat.(C4)

 

Petunjuk Pengisian LKPD :

1.       Berdoa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan

2.       Mulailah kegiatan dengan membaca petunjuk pengisian pada LKPD

3.       Pahami dan simak materi pada LKPD

4.       Kerjakanlah tugas yang ada pada LKPD dengan kelompokmu dengan tepat.

5.       Jangan lupa tuliskan jawaban hasil diskusi pada tempat yang tersedia.

 

Kelompok :

Anggota

1.                                                            4.

2.                                                            5.

3.                                                            6.


 

Sebutkan masing-masing 3 contoh aturan di rumah, sekolah, dan lingkungan Sekitar.

 

 


 

LKPD jenis B : peserta didik dengan kemampuan menengah (mahir)

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Jenis B

Satuan pendidikan      : Sekolah Dasar

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila

Kelas/Fase                   : IV/B

BAB                            : Hak, Kewajiban, dan Aturan

Topik                           : Aturan dan Norma

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menjelaskan makna aturan dan norma melalui kegiatan mengamati video dengan tepat. (C3)

2.      Peserta didik dapat menganalisis macam-macam aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar melalui kegiatan mengamati gambar dengan tepat.(C4)

 

Petunjuk Pengisian LKPD :

1.      Berdoa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan

2.       Mulailah kegiatan dengan membaca petunjuk pengisian pada LKPD

3.       Pahami dan simak materi pada LKPD

4.       Kerjakanlah tugas yang ada pada LKPD dengan kelompokmu dengan tepat.

5.       Jangan lupa tuliskan jawaban hasil diskusi pada tempat yang tersedia.

 

Kelompok :

Anggota

1.                                                            4.

2.                                                            5.

3.                                                            6.

 


 

LKPD jenis C : peserta didik dengan kemampuan rendah (memerlukan bimbingan/belum mahir)

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Jenis C

Satuan pendidikan      : Sekolah Dasar

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila

Kelas/Fase                   : IV/B

BAB                            : Hak, Kewajiban, dan Aturan

Topik                           : Aturan dan Norma

 

Tujuan Pembelajaran

3.      Peserta didik dapat menjelaskan makna aturan dan norma melalui kegiatan mengamati video dengan tepat. (C3)

4.      Peserta didik dapat menganalisis macam-macam aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar melalui kegiatan mengamati gambar dengan tepat.(C4)

 

Petunjuk Pengisian LKPD :

6.      Berdoa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan

7.       Mulailah kegiatan dengan membaca petunjuk pengisian pada LKPD

8.       Pahami dan simak materi pada LKPD

9.       Kerjakanlah tugas yang ada pada LKPD dengan kelompokmu dengan tepat.

10.       Jangan lupa tuliskan jawaban hasil diskusi pada tempat yang tersedia.

 

Kelompok :

Anggota

1.                                                            4.

2.                                                            5.

3.                                                            6.

 


 

Lampiran 2 Asesmen beserta Instrumennya

Asesmen Diagnostik Non-Kognitif

Asesmen Diagnostik Non-Kognitif

Nama               :

Kelas               :

Petunjuk          :

1.        Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jujur!

2.        Beri tanda centang (√) pada kolom jawaban menurutmu.

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Saya telah mempelajari materi tentang aturan dan norma pada pertemuan sebelumnya.

 

 

2.

Saya memahami makna dari aturan dan norma.

 

 

3.

Saya mengetahui contoh aturan dan norma di rumah.

 

 

4.

Saya mengetahui contoh aturan dan norma di sekolah.

 

 

5.

Saya mengetahui contoh aturan dan norma di lingkungan sekitar.

 

 

6.

Saya mengetahui akibat dari melanggar aturan dan norma.

 

 

 

Asesmen Formatif (Afektif)

Penilaian sikap

No

Aspek Sikap

Indikator

3

2

1

 

1

Gotong Royong / Kerja Sama

Baik dalam berkolaborasi dengan teman sejawat saat berdiskusi

 

Cukup dalam berkolaborasi dengan teman sejawat saat berdiskusi

 

Kurang dalam berkolaborasi dengan   teman sejawat saat berdiskusi

2

 

 

 

 

Bernalar kritis

Sangat mampu mengeanalisis dan mengevaluasi penalaran gagasan tentang materi

 

Cukup mampu menganalis dan mengevaluasi penalaran gagasan tentang materi tetap

Kurang mampu menganalis dan mengevaluasi penalaran gagasan tentang materi

 


 

Ø  Format Penilaian sikap

 

No

 

Nama

Profil Pelajar Pancasila

 

Skor

Gotong Royong

Bernalar Kritis

3

2

1

3

2

1

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Asesmen Formatif (Psikomotor)

Penilaian keterampilan

Rubrik Penilaian Presentasi Kelompok

Nama Sekolah             : SDN 42 Kota Bengkulu

Kelas/ Semester           : IV/II

Tahun Pelajaran           : 2023/2024

Topik                           : Aturan dan Norma

No

Aspek

Skor

Kriteria Skor

1

Kelengkapan Materi

4

· Materi yang disampaikan terdiri dari judul, nama kelompok, dan isi

· Materi yang disajikan disampaikan dengan ringkas dan mudah dipahami

· Disajikan dengan menarik

· Menjawab semua pertanyaan yang diberikan

3

Terdapat 1 kriteria pada kelengkapan materi tidak terpenuhi

2

Terdapat 2 kriteria pada kelengkapan materi tidak terpenuhi

1

Terdapat lebih dari 2 kriteria pada kelengkapan materi tidak terpenuhi

2

Kemampuan Presentasi

4

· Dipresentasikan dengan percaya diri, antusias, dan bahasa yang lantang

· Seluruh anggota kelompok berpartisipasi dalam presentasi

· Dapat mengemukakan ide dan beragumen dengan baik

· Memanajeman waktu presentasi dengan baik

3

Terdapat 1 kriteria pada Kemampuan Presentasi tidak terpenuhi

2

Terdapat 2 kriteria pada Kemampuan Presentasi tidak terpenuhi

1

Terdapat lebih dari 2 kriteria pada Kemampuan Presentasi tidak terpenuhi

3

Kerja Sama

4

· Pembagian Tugas

· Seluruh anggota kelompok berpartisipasi dalam tanggung jawabnya

· Hasil tugas (relevansi dengan bahan)

· Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik baik tim presentasi maupun tim yang keliling

3

Terdapat 1 kriteria pada Kerja Sama tidak terpenuhi

2

Terdapat 2 kriteria pada Kerja Sama tidak terpenuhi

1

Terdapat lebih dari 2 kriteria pada Kerja Sama tidak terpenuhi

Nilai akhir =  x 100

No

Nama

Kelengkapan Materi

Kemampuan Presentasi

Kerja Sama

Total Skor

Nilai Akhir

4

3

2

1

4

3

2

1

4

3

2

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Asesmen Kognitif

Penilaian Pengetahuan (Soal Tipe A : Peserta Didik dengan Kategori Sangat Mahir)

 

 

No

 

Materi

Tujuan

 

Indikator Asesmen

Level Kognitif

Bentuk  Soal

No. Soal

Soal

Jawaban

 

 

 

 

 

 

1.

Aturan dan Norma

Peserta didik dapat menjelaskan makna aturan dan norma melalui kegiatan mengamati video dengan tepat. (C3)

 

Disajikan pertanyaan, peserta didik mampu menganalisis pengertian aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar.

C3

 

Uraian

 

1

Pada hari minggu sore, Kiki sedang menyiram bunga di halaman rumahnya. Tiba-tiba Nina datang untuk mengajak Kiki bermain ke rumahnya. Kiki setuju dan pergi ke rumah Nina tanpa meminta izin kepada Ibu. Ibu merasa panik bahwa Kiki tidak ada di rumah, lalu Ibu mengajak Ayah untuk mencari di sekitar rumah. Namun Kiki tidak juga di temukan. Satu jam kemudian Kiki pulang dari rumah NIna. Ibu merasa lega dan langsung menasehati Kiki.

a. Apakah kamu menyetujui tindakan Kiki? Jelaskan alasanmu!

b. Adakah aturan yang dilanggar oleh Kiki? Jelaskan!

c. berdasarkan cerita tersebut apakah aturan dalam keluarga penting untuk dilaksanakan? jelaskan alasanmu!

 

a) Tidak menyetujui tindakan Kiki, alasannya adalah karena Kiki tidak berpamitan dengan ibu.

b) Kiki melanggar aturan tidak berpamitan dengan Ibu ketika bermain di rumah Nina.

c) Penting. Karena ketika kita pergi tidak berpamitan kepada orangtua akan mengakibatkan kebingungan pada orang tua. (optional)

Peserta didik dapat menganalisis macam-macam aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar melalui kegiatan mengamati gambar dengan tepat.(C4)

 

 

 

C4

 

Uraian

 

2

Pada hari Senin Rudi terlambat datang ke sekolah sehingga Rudi tidak mengikuti upacara yang dilaksakan pada waktu itu. Rudi pun tidak membawa topi dan dasi sehingga dia mendapatkan hukuman yaitu tinggal di lapangan upacara ketika teman-teman yang lain sudah masuk di dalam kelas.

a. Apakah kamu setuju dengan sikap Rudi?

b. Apa aturan yang dilanggar oleh Rudi?

c. Jika kamu menjadi Rudi apa sikap yang seharusnya kamu lakukan?

 

 

a)Tidak setuju

 

b)Tidak mematuhi tata tertib/ aturan di sekolah.

 

c)Saya akan tidur lebih awal dan bangun pagi, mempersiapkan topi dan dasi, sehingga bisa mengikuti upacara (optional)

Asesmen Kognitif

Penilaian Pengetahuan (Soal Tipe B : Peserta Didik dengan Kategori Mahir)

 

 

No

 

Materi

Tujuan

 

Indikator Asesmen

Level Kognitif

Bentuk  Soal

No. Soal

Soal

Jawaban

 

 

 

 

 

 

1.

Aturan dan Norma

Peserta didik dapat menganalisis macam-macam aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar melalui kegiatan mengamati gambar dengan tepat.(C4)

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis tindakan yang tepat

C4

 

Pilihan ganda

 

1

Adik gemar menggambar. Adik sering menggambar di tembok kamarnya. Tindakan kita agar adik berhenti mengotori tembok adalah ....

a.       meminta Ibu membelikan pensil warna untuk Adik.

b.      meminta Adik menggambar di tembok belakang rumah.

c.       membelikan buku gambar untuk Adik dengan sisa uang jajan kita.

d.      meminta adik menggambar di buku kita yang masih kosong.

c. membelikan buku gambar untuk Adik dengan sisa uang jajan kita.

 

 

Peserta didik dapat menganalisis macam-macam aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar melalui kegiatan mengamati gambar dengan tepat.(C4)

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis tindakan yang tepat

 

C4

 

Pilihan ganda

 

2

Setiap hari Senin, diadakan upacara bendera di sekolahmu. Saat upacara sedang berlangsung, teman mengajakmu untuk mengobrol. Tindakan sesuai aturan yang harus kamu lakukan adalah ....

a.       menolak berbicara dengan teman agar upacara berjalan dengan tertib.

b.      mencari tempat yang teduh agar tidak kepanasan saat upacara.

c.       ikut berbicara dengan teman karena bosan mengikuti upacara.

d.      mengganggu teman yang sedang khidmat upacara.

a. menolak berbicara dengan teman agar upacara berjalan dengan tertib.

 

 

 

Peserta didik dapat menganalisis macam-macam aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar melalui kegiatan mengamati gambar dengan tepat.(C4)

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis tindakan yang tepat

C4

Pilihan ganda

3

Saat sedang mengerjakan tugas, temannya mengajak Doni bermain. Tindakan Doni sebaiknya ....

a.       meminta kakak untuk mengerjakan PR miliknya agar dapat segera bermain

b.      mengerjakan PR lebih dahulu sebelum bermain dengan teman.

c.       tidak mau masuk sekolah karena malas mengerjakan PR

d.      melihat PR milik teman saat berada di sekolah

b. mengerjakan PR lebih dahulu sebelum bermain dengan teman.

 

 

Peserta didik dapat menganalisis macam-macam aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar melalui kegiatan mengamati gambar dengan tepat.(C4)

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis tindakan yang tepa

C4

Pilihan ganda

4

Pada hari Minggu, Pak Tono kedatangan tamu dari luar kota. Tamu pak Tono akan menginap selama 2 hari. Tindakan yang seharusnya dilakukan pak Tono yang sesuai dengan aturan di lingkungan sekitar adalah .....

a.       melapor kepada ketua RT setempat.

b.      langsung mengajak tamu ke rumahnya.

c.       menaiki mobil tanpa membuka kaca ketika melewati pos satpam.

d.      menyuruh tamu untuk tidak meginap di rumahnya.

a. melapor kepada ketua RT setempat.

2.

 

Peserta didik dapat menjelaskan makna aturan dan norma melalui kegiatan mengamati video dengan tepat. (C3)

 

Disajikan suatu kegiatan, peserta didik dapat menentukan kegiatan tersebut tergolong ke dalam contoh aturan tak tertulis atau norrma.

C3

Pilihan ganda

5

Mengikuti kerja bakti untuk membersihkan lingkungan termasuk contoh aturan tidak tertulis/norma di ....

a.       Rumah

b.      Sekolah

c.       Kelas

d.      Lingkungan sekitar

 

D. lingkungan sekitar.

 


 

Asesmen Kognitif

Penilaian Pengetahuan (Soal Tipe A : Peserta Didik dengan Kategori Sangat Mahir)

 

 

No

 

Materi

Tujuan

 

Indikator Asesmen

Level Kognitif

Bentuk  Soal

No. Soal

Soal

Jawaban

 

 

 

 

 

 

1.

Aturan dan Norma

Peserta didik dapat menjelaskan makna aturan dan norma melalui kegiatan mengamati video dengan tepat. (C3)

 

Disajikan pertanyaan, peserta didik mampu menganalisis pengertian aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar.

C3

 

Uraian

 

1

Pada hari minggu sore, Kiki sedang menyiram bunga di halaman rumahnya. Tiba-tiba Nina datang untuk mengajak Kiki bermain ke rumahnya. Kiki setuju dan pergi ke rumah Nina tanpa meminta izin kepada Ibu. Ibu merasa panik bahwa Kiki tidak ada di rumah, lalu Ibu mengajak Ayah untuk mencari di sekitar rumah. Namun Kiki tidak juga di temukan. Satu jam kemudian Kiki pulang dari rumah NIna. Ibu merasa lega dan langsung menasehati Kiki.

a. Apakah kamu menyetujui tindakan Kiki? Jelaskan alasanmu!

b. Adakah aturan yang dilanggar oleh Kiki? Jelaskan!

c. berdasarkan cerita tersebut apakah aturan dalam keluarga penting untuk dilaksanakan? jelaskan alasanmu!

 

a) Tidak menyetujui tindakan Kiki, alasannya adalah karena Kiki tidak berpamitan dengan ibu.

b) Kiki melanggar aturan tidak berpamitan dengan Ibu ketika bermain di rumah Nina.

c) Penting. Karena ketika kita pergi tidak berpamitan kepada orangtua akan mengakibatkan kebingungan pada orang tua. (optional)

Peserta didik dapat menganalisis macam-macam aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar melalui kegiatan mengamati gambar dengan tepat.(C4)

 

 

 

C4

 

Uraian

 

2

Pada hari Senin Rudi terlambat datang ke sekolah sehingga Rudi tidak mengikuti upacara yang dilaksakan pada waktu itu. Rudi pun tidak membawa topi dan dasi sehingga dia mendapatkan hukuman yaitu tinggal di lapangan upacara ketika teman-teman yang lain sudah masuk di dalam kelas.

a. Apakah kamu setuju dengan sikap Rudi?

b. Apa aturan yang dilanggar oleh Rudi?

c. Jika kamu menjadi Rudi apa sikap yang seharusnya kamu lakukan?

 

 

a)Tidak setuju

 

b)Tidak mematuhi tata tertib/ aturan di sekolah.

 

c)Saya akan tidur lebih awal dan bangun pagi, mempersiapkan topi dan dasi, sehingga bisa mengikuti upacara (optional)

Asesmen Kognitif

Penilaian Pengetahuan (Soal Tipe C : Peserta Didik dengan Kategori Belum Mahir)

 

 

No

 

Materi

Tujuan

 

Indikator Asesmen

Level Kognitif

Bentuk  Soal

No. Soal

Soal

Jawaban

 

 

 

 

 

 

1.

Aturan dan Norma

Peserta didik dapat menganalisis macam-macam aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar melalui kegiatan mengamati gambar dengan tepat.(C4)

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis tindakan yang tepat

C4

 

Isian singkat

 

1

Di rumah ada aturan untuk menghemat listrik. Cara yang kamu lakukan adalah dengan ... lampu pada siang hari.

 

 Mematikan

Peserta didik dapat menganalisis macam-macam aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar melalui kegiatan mengamati gambar dengan tepat.(C4)

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis tindakan yang tepat

 

C4

 

Isian singkat

 

2

Toni harus mengumpulkan tugas ... agar tidak mendapatkan hukuman dari bu guru.

Tepat waktu

 

 

Peserta didik dapat menganalisis macam-macam aturan dan norma di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar melalui kegiatan mengamati gambar dengan tepat.(C4)

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menganalisis tindakan yang tepat

C4

Isian singkat

3

Ketika ingin ke kamar mandi saat di kelas, kita harus ... izin kepada guru

 

Meminta

 

 

Peserta didik dapat menjelaskan makna aturan dan norma melalui kegiatan mengamati video dengan tepat. (C3)

 

Disajikan contoh aktivitas, peserta didik mampu menggolongkan aktivitas tersebut ke dalam aturan di sekolah/rumah/lingkungan sekitar

C3

Pilihan ganda

4

Melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan RT merupakan aturan di ....

 

Lingkungan Sekitar

2.

 

Peserta didik dapat menjelaskan makna aturan dan norma melalui kegiatan mengamati video dengan tepat. (C3)

 

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan dampak suasana dari pernyataan tersebut.

C3

Isian singkat

5

Ketika kita mentaati aturan dan norma yang berlaku di lingkungan sekitar, maka suasana akan menjadi ....

 

Aman dan tertib

 


 

Kompetensi Pengetahuan

Instrumen Penilaian: Rubrik penilaian

 

Skor

Predikat

Kategori

81-100

A

SB (Sangat Baik)

66-80

B

B (Baik)

51-65

C

C (Cukup)

0-50

D

K (Kurang)

 

Lembar Penilaian Pengetahuan

No.

Nama Siswa

Nilai

Evaluasi

KKTP

Ketuntasan

Ya

Tidak

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

Nilai Rata-Rata

 

Jumlah Siswa Tuntas Belajar

 

Persentase Siswa Tuntas Belajar

 

Jumlah Siswa Tidak Tuntas Belajar

 

Persentase Siswa Tidak Tuntas Belajar

 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN MATERI KIMIA KELAS XI BAB LARUTAN PENYANGGA